Claim Delivered Rusak/Tidak Diterima

Apa itu Claim Delivered Rusak/Tidak Diterima?


Claim Delivered Rusak adalah claim yang bisa diajukan oleh partner ketika status orderan sudah Diterima dan dibuka kemasanya oleh buyer, namun orderan tersebut mengalami kerusakan barang.
Claim Delivered Tidak Diterima adalah claim yang bisa diajukan oleh partner ketika status orderan sudah Diterima oleh buyer, namun buyer belum merasa menerima orderan tersebut.

1. Bagaimana cara penggunaanya?
Masuk ke menu Partner klik menu Orderku, pilih Data Order lalu klik tab Diterima


Pilih no resi yang terkendala, lalu klik button titik tiga pada bagian lihat detail dan akan menuju halaman bantuan seperti berikut:


Jika kamu ingin mengajukan Claim Delivered Rusak, maka pilih opsi Status paket saya Diterima namun ada masalah. Sedangkan jika kamu ingin mengajukan Claim Delivered Tidak Diterima, maka pilih opsi Status paket saya Diterima namun barang belum diterima pembeli. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

2. Claim Delivered Rusak
1). Jika kamu memilih opsi Status paket saya Diterima namun ada masalah, kamu diharuskan untuk mengunggah bukti video dan foto paket saat di unboxing dengan ketentuan maksimal foto yang bisa diunggah yaitu 3 file maksimal 2 MB masing-masing file.


2). Jika kamu sudah berhasil mengunggah foto dan video, maka pengajuan Claim Delivered Rusak akan di review admin terlebih dahulu dengan tampilan pop up sebagai berikut:

3). Kamu bisa melihat progress pengajuan Claim Delivered Rusak melalui halaman Detail Order
Jika pengajuan Claim Delivered Rusak sedang direview oleh admin, maka pada halaman Detail Order akan muncul keterangan sebagai berikut:

Jika pengajuan Claim Delivered Rusak disetujui oleh admin, maka pada halaman Detail Order akan muncul tampilan tanggal claim disetujui oleh admin seperti berikut:

Jika pengajuan Claim Delivered Rusak ditolak oleh admin, maka pada halaman Detail Order akan muncul keterangan sebagai berikut:

4). Kamu juga bisa melihat progress pengajuan Claim Delivered Rusak melalui halaman Data Order
Jika pengajuan Claim Delivered Rusak sedang direview oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul tampilan Sudah Ajukan Claim dibawah button Lihat Detail sebagai berikut:

Jika pengajuan Claim Delivered Rusak disetujui oleh admin, maka pada halaman Data Order muncul tampilan label tanggal claim disetujui oleh admin

Jika pengajuan Claim Delivered Rusak ditolak oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul tanggal tampilan label claim tersebut ditolak oleh admin


3. Claim Delivered Tidak Diterima
1). Jika kamu memilih opsi_ Status paket saya Diterima namun barang belum diterima pembeli_, maka akan muncul tampilan pop up yang berisi foto bukti delivered dari ekspedia (jika ada) sebagai berikut:

2). Jika kamu memilih button_ Lanjut Ajukan Claim_, maka kamu bisa mengunggah foto (opsional) dengan ketentuan maksimal foto yang bisa diunggah yaitu 3 file maksimal 2 MB masing-masing file

3). Setelah kamu memilih button Ajukan Claim Hilang, maka akan muncul pop up pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima telah berhasil masuk ke admin untuk direview

4). Kamu bisa melihat progress pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima melalui halaman Detail Order
Jika pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima sedang direview oleh admin, maka pada halaman Detail Order muncul keterangan seperti berikut:

Jika pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima disetujui oleh admin, maka pada halaman Detail Order muncul keterangan sebagai berikut:

Jika pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima ditolak oleh admin, maka pada halaman Detail Order muncul keterangan sebagai berikut:

5). Kamu juga dapat melihat progress pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima melalui halaman Data Order
Jika pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima sedang direview oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul keterangan pengajuan klaim sudah diajukan seperti berikut:

Jika pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima disetujui oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul label tanggal claim disetujui berikut:

Jika pengajuan Claim Delivered Tidak Diterima ditolak oleh admin, maka pada halaman Data Order muncul label tanggal claim ditolah oleh admin sebagai berikut:


4. Apa Keuntungan untuk kamu?
1). Claim Delivered Rusak
Paket delivered namun rusak dapat diganti oleh ekspedisi sebesar net profit, sehingga kamu tidak mengalami kerugian

2). Claim Delivered Tidak Diterima
Paket delivered namun tidak diterima (dianggap hilang) dapat diganti oleh ekspedisi sebesar net profit, sehingga kamu tidak mengalami kerugian


5. Apa syarat dan ketentuanya?
1). Tidak ada syarat dan ketentuan khusus, kamu bisa menggunakan Claim ini untuk orderan COD/Non-COD dengan/tanpa tiket
2). Claim Delivered Rusak dan Delivered Tidak Diterima hanya dapat diklaim ketika status orderan sudah Diterima
3). Kamu dapat mengajukan Claim Delivered Rusak dan Delivered Tidak Diterima dengan batas waktu yang terhitung sejak status order tersebut berubah ke Diterima seperti berikut :

[JNE] Maksimal Komplain Ekspedisi JNE adalah 7x24 jam setelah tanggal update
[Sicepat] Maksimal Komplain Ekspedisi Sicepat adalah 2x24 jam setelah tanggal update
[IDExpress] Maksimal Komplain Ekspedisi IDExpress adalah 2x24 jam setelah tanggal update
[SAP] Maksimal Komplain Ekspedisi SAP adalah 2x24 jam setelah tanggal update
[Ninja] Maksimal Komplain Ekspedisi NINJA adalah 7x24 jam setelah tanggal update
[J&T] Maksimal Komplain Ekspedisi J&T adalah 2x24 jam setelah tanggal update

4). Jika kamu tidak klik [Button] Paket Bermasalah sampai batas waktu yang terhitung sesuai ketentuan, maka button titik 3 yang berisi [Button] Paket Bermasalah & icon "i" akan hilang

Diperbarui pada: 19/06/2024

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!