Claim RTS Rusak/Tidak Diterima

# Apa itu Claim RTS Rusak/Tidak Diterima?
Claim RTS Rusak adalah claim yang bisa diajukan oleh partner ketika status orderan sudah “Retur Diterima” oleh partner namun setelah orderan tsb di-unboxing oleh partner ternyata barangnya rusak.
Claim RTS Tidak Diterima adalah claim yang bisa diajukan oleh partner ketika status orderan sudah “Retur Diterima” oleh partner namun ternyata partner belum merasa menerima orderan tersebut.

2. Bagaimana user menggunakannya ?
Masuk ke menu Partner klik menu Orderku, pilih Data Order lalu klik tab Retur


Pilih no resi yang terkendala, lalu klik button “titik tiga” pada bagian lihat detail dan akan menuju halaman bantuan seperti berikut:



Jika kamu ingin Claim RTS Rusak, maka klik opsi “Status paket saya “Retur Diterima” namun ada masalah”. Sedangkan jika kamu ingin Claim RTS Tidak Diterima, maka klik opsi “Status paket saya “Retur Diterima” namun barang belum saya terima”.
A. Claim RTS Rusak
Jika kamu klik opsi “Status paket saya “Retur Diterima” namun ada masalah”, kamu diharuskan untuk mengunggah bukti video dan foto paket saat di unboxing dengan ketentuan maksimal foto yang bisa diunggah yaitu 3 file maksimal 2 MB untuk masing-masing file.



Jika kamu sudah berhasil mengunggah foto dan video, maka pengajuan Claim RTS Rusak akan di review admin terlebih dahulu dengan tampilan pop up sebagai berikut:


Kamu dapat melihat progress pengajuan Claim RTS Rusak melalui page Detail Order
(1). Jika pengajuan Claim RTS Rusak sedang direview oleh admin, maka pada halaman Detail Order akan muncul keterangan sebagai berikut:


(2). Jika pengajuan Claim RTS Rusak disetujui oleh admin, maka pada halaman Detail Order akan muncul tampilan detail tanggal claim disetujui oleh admin seperti berikut:


(3). Jika pengajuan Claim RTS Rusak ditolak oleh admin, maka pada halaman Detail Order akan muncul keterangan sebagai berikut:


Kamu juga dapat melihat progress pengajuan Claim RTS Rusak melalui halaman Data Order
(1). Jika pengajuan Claim RTS Rusak sedang direview oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul tampilan Sudah Ajukan Claim dibawah button Lihat Detail sebagai berikut:


(2). Jika pengajuan Claim RTS Rusak disetujui oleh admin, maka pada halaman Data Order muncul tampilan label tanggal claim disetujui oleh admin


(3). Jika pengajuan Claim RTS Rusak ditolak oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul tanggal tampilan label claim tersebut ditolak oleh admin


B. Claim RTS Tidak Diterima
(1). Jika kamu memilih opsi “Status paket saya “Retur Diterima” namun barang belum diterima pembeli”, maka akan muncul tampilan pop up yang berisi foto bukti retur diterima dari ekspedia (jika ada) sebagai berikut:


(2). Jika kamu memilih button “Lanjut Ajukan Claim”, maka kamu bisa mengunggah foto (opsional) dengan ketentuan maksimal foto yang bisa diunggah yaitu 3 file maksimal 2 MB masing-masing file


(3). Setelah kamu memilih button “Ajukan Claim Hilang”, maka akan muncul pop up pengajuan Claim Delivered RTS Diterima telah berhasil masuk ke admin untuk direview


(4). Kamu bisa melihat progress pengajuan Claim RTS Tidak Diterima melalui
Jika pengajuan Claim RTS Tidak Diterima sedang direview oleh admin, maka pada halaman Detail Order muncul keterangan seperti berikut:


Jika pengajuan Claim RTS Tidak Diterima disetujui oleh admin, maka pada halaman Detail Order muncul keterangan sebagai berikut:


Jika pengajuan Claim RTS Tidak Diterima ditolak oleh admin, maka pada halaman Detail Order muncul keterangan sebagai berikut:


(5). Kamu juga dapat melihat progress pengajuan Claim RTS Tidak Diterima melalui halaman Data Order
Jika pengajuan Claim RTS Tidak Diterima sedang direview oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul label tanggal claim diajukan seperti berikut:


Jika pengajuan Claim RTS Tidak Diterima disetujui oleh admin, maka pada halaman Data Order akan muncul label tanggal claim disetujui berikut:


Jika pengajuan Claim RTS Tidak Diterima ditolak oleh admin, maka pada halaman Data Order muncul label tanggal claim ditolah oleh admin sebagai berikut:


3. Apa Keuntungannya untuk user ?
Claim Delivered Rusak
Paket delivered namun rusak dapat diganti oleh ekspedisi sebesar net profit, sehingga kamu tidak mengalami kerugian


Claim Delivered Tidak Diterima
Paket delivered namun tidak diterima (dianggap hilang) dapat diganti oleh ekspedisi sebesar net profit, sehingga kamu tidak mengalami kerugian


4. Apa syarat dan ketetentuannya ?
(1). Tidak ada syarat dan ketentuan khusus, kamu bisa menggunakan Claim ini untuk orderan COD/Non-COD dengan/tanpa tiket
(2). Claim RTS Rusak dan RTS Tidak Diterima hanya dapat diklaim ketika status ordernya sudah “Retur Diterima”
(3). Kamu dapat mengajukan Claim RTS Rusak dan RTS Tidak Diterima dengan batas waktu yang terhitung sejak status order tersebut berubah ke “Diterima” seperti berikut :
[JNE] Maksimal Komplain Ekspedisi JNE adalah 7x24 jam setelah tanggal update
[Sicepat] Maksimal Komplain Ekspedisi Sicepat adalah 2x24 jam setelah tanggal update
[IDExpress] Maksimal Komplain Ekspedisi IDExpress adalah 2x24 jam setelah tanggal update
[SAP] Maksimal Komplain Ekspedisi SAP adalah 2x24 jam setelah tanggal update
(4). Jika kamu tidak klik [Button] "Paket Bermasalah" sampai batas waktu yang terhitung sesuai ketentuan, maka button titik 3 yang berisi [Button] "Paket Bermasalah" & icon "i" akan hilang

Diperbarui pada: 10/01/2024

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!