Artikel tentang: Kendala Pengiriman

Kebijakan Claim Ganti Rugi di Komship

1. Claim Ganti Rugi Paket Retur Karena Kesalahan Ekspedisi

Claim ganti rugi ini adalah kesalahan ekspedisi yang tidak sesuai komitmen kepuasan pelanggan atau SLA (Service Level Agreement) pengantaran. Pada kondisi ini yang dapat diclaim adalah ketidaksesuaian dengan SLA yang diantaranya:

Ekspedisi belum melakukan 3x percobaan pengantaran,
Apabila pembeli menolak paket, akan terbuat sebuah tiket kendala, dan penjual wajib mengkonfirmasi apakah pembeli masih berniat menerima paket atau tidak. Karena retur karena pembeli menolak paket tidak dapat diclaim
Pembeli masih berniat menerima paket namun sudah diretur sepihak oleh kurir tanpa konfirmasi sebelumnya ke pembeli dan durasi waktu paket ditahan di kantor cabang dekat lokasi pembeli tersebut masih kurang dari 1 minggu.
Nilai claim adalah senilai ongkir berangkat sehingga menjadikan ongkir berangkat dan kembali (retur) gratis semua. Kelengkapan yang dilampirkan oleh penjual adalah bukti chat terkini minatnya customer (saat diminta konfirmasi pengiriman) untuk membayar COD. Jika paket terlanjur dalam perjalanan retur dan pembeli masih berminat beli, kami sarankan untuk mempercepat proses sebagai penjual kita bisa order dan kirim ulang dengan paket yang berbeda.
Mekanisme claim adalah dengan memanfaatkan tombol claim pada ticket berstatus retur. Saldo akan otomatis bertambah ketika sudah direview oleh tim Komship. Kepemilikan paket akan tetap dikembalikan ke penjual.

Kamu dapat mengakses Claim Retur melalui menu Kendala > Pilih Tiket yang sudah diputuskan retur > Klik claim retur pada bagian chat. Tambahkan bukti konkret saat melakukan claim retur yang menunjukkan Pembeli masih berniat menerima paket


2. Claim Ganti Rugi Paket Hilang

Paket hilang akan terdeteksi otomatis oleh sistem melalui menu "Kendala".
Nilai ganti rugi adalah senilai Potensi Penghasilan yang akan didapatkan oleh penjual (Nilai COD - Ongkir).
Mekanisme claim adalah otomatis oleh sistem dan nilai tersebut akan masuk ke mutasi saldo ketika status Ticket dengan kategori paket hilang telah selesai.
Paket dapat dinyatakan hilang juga jika secara manual diajukan oleh user jika paket stuck dalam kurun waktu >15 hari (dapat dilihat pada tabel dibawah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan claim di Tombol Ajukan Claim di Menu Data Order lalu Lacak Resi . Atau bisa juga di menu Detail Tiket / Kendala di bagian Perjalanan Resi.

Paket Dapat Diajukan Claim saat memenuhi syarat berikut :

EkspedisiWaktu Paket Tidak BergerakBatas Waktu Claim
JNE>15 Hari60 Hari
SiCepat>15 Hari60 Hari
ID Express>15 Hari30 Hari
SAP>15 Hari60 Hari





Datail Tiket (Lihat di Tombol Kanan Bawah)



EkspedisiWaktu Paket Tidak BergerakBatas Waktu Claim
JNE>15 Hari60 Hari
SiCepat>15 Hari60 Hari
ID Express>15 Hari30 Hari
SAP>15 Hari60 Hari



3. Claim Ganti Rugi Paket Rusak

Untuk paket rusak dalam perjalanan akan terdeteksi otomatis oleh sistem/ticket. Saldo akan otomatis bertambah.
Paket rusak ketika sampai pada pembeli ketika pengiriman atau ketika sampai pada penjual ketika retur dapat diajukan ganti rugi
Mekanisme claim untuk barang rusak adalah wajib menyertakan bukti video unboxing tersebut beserta nomor resi pada Live Chat dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam setelah status paket berubah menjadi terkirim atau retur diterima

Untuk saat ini claim otomatis paket rusak ini belum ready fiturnya. Sementara ini kamu bisa claim ke CS via live chat dan ketika claim terverifikasi, saldo akan kami topup ke akun Komship kamu dengan durasi 1-2 hari.

4. Claim Paket Delivered / Diterima Namun Bermasalah (Rusak / Tidak DIterima)
Detail :
https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-rts-rusaktidak-diterima-1uh4kfg/?bust=1711526331480

5. Claim Paket RTS / Retur Diterima Namun Bermasalah (Rusak / Tidak Diterima)
Detail :
https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-rts-rusaktidak-diterima-1uh4kfg/?bust=1711526331480

6. Lapor Paket Diterima (Paket sudah delivered namun status belum berubah)

*Ajukan Laporan Paket Diterima di Tab Dikirim (https://partner.komerce.id/data-order?tab=dikirim)
*Button pengajuan berada di paling kanan Data List Order , berupa Titik 3.
*Upload bukti-bukti yang menjelaskan paket sudah diterima oleh Pembeli kamu dengan jelas (Pelajari Ketentuan Agar Claim Kamu Cepat Tertangani di bawah ini)

7. Lapor Paket Retur Diterima (Paket sudah RTS namun status belum berubah)

*Ajukan Laporan Paket Diterima di Tab Retur (https://partner.komerce.id/data-order?tab=retur)
*Button pengajuan berada di paling kanan Data List Order , berupa Titik 3.
*Upload bukti-bukti yang menjelaskan paket sudah diterima oleh Pembeli kamu dengan jelas (Pelajari Ketentuan Agar Claim Kamu Cepat Tertangani di bawah ini)


Ketentuan Agar Claim Kamu Cepat Tertangani

Pastikan Bukti Foto dan Video menampilkan dengan jelas :
a. Bukti Valid Chat Dengan Pembeli dengan menampilkan Nomor Pembeli Jelas (Tidak disimpan agar nomor tampil)
b. Menyebutkan Nomor RESI
c. Foto Paket dengan Label Paket jelas

Diperbarui pada: 27/03/2024

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!