Artikel tentang: Kendala Pengiriman

Panduan Claim Ganti Rugi di Komship


Halo Pengguna Setia Komship, 👋🏻🚚


Informasi Penting :
Mengapa Penting Menginput Harga Produk dengan Benar di Komship?



Informasi Claim :
Selamat datang di panduan kami mengenai claim ganti rugi. Kami disini membantu kamu untuk memahami proses claim dengan mudah dan cepat. Jika kamu mengalami masalah seperti paket hilang, rusak, atau lainnya. Maka kamu bisa baca langkah langkah singkat berikut ini untuk mengajukan claim ganti rugi :


Nama Claim (Permintaan Ganti Rugi)

Masalah

Cara Mengajukan Claim

Keuntungan Fitur Claim

Claim Retur Sepihak

Retur yang disebabkan pengantaran Paket tidak sesuai SOP

Klik “Claim Retur” di Chat Section Ticket Kendala

User dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti ketidak sesuaian SOP pengantaran, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui

Claim Stuck / Hilang

Paket Tidak Bergerak lebih dari 14 hari dan Keberadaan Paket Tidak Jelas

Klik Ajukan Claim Stuck/Hilang di Lacak Resi (detail order / detail ticket)

User dapat mengajukan permintaan ganti rugi dari resi stuck, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui

Claim Delivered Tapi Tidak Diterima

Status Order Delivered tapi Barangnya sama sekali belum diterima Pembeli (COD dan Non-COD)

Klik titik 3 di menu Order Tab Dikirim, klik Status Diterima namun Barang Belum Diterima

User dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti ketidak sesuaian, status dengan barang yang belum sampai, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat Alasan jika pengajuan tidak disetujui

Claim Delivered Tapi Rusak

Status Order Delivered tapi setelah di Unboxing barangnya Rusak

Klik titik 3 di menu Order Tab Dikirim, klik Status Diterima namun Barang Rusak

User dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti barang yang diterima rusak, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui

Claim RTS Tapi Tidak RTS

Status Order RTS tapi Nyatanya barangnya belum sampai di Gudang Seller

Klik titik 3 di menu Order Tab Retur, klik Status RTS Diterima namun Barang Belum Diterima

User dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti ketidaksesuaian status dengan barang yang belum sampai, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat Alasan jika pengajuan tidak disetujui

Claim RTS Tapi Rusak

Status Order RTS tapi pas Diterima Barangnya Rusak

Klik titik 3 di menu Order Tab Retur, klik Status RTS Diterima namun Barang Rusak

User dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti barang yang diterima rusak, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui

Lapor Paket Delivered

Nyatanya paketnya sudah Diterima Customer, tapi status Ordernya tidak berubah ke Delivered

Klik titik 3 di menu Order Tab Dikirim, klik Lapor Paket Sudah Diterima

User dapat mengajukan permintaan ke status delivered agar nilai keuntungan order dapat masuk ke saldo, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui

Lapor Paket RTS

Nyatanya paketnya sudah Diterima di Gudang Seller, tapi status Ordernya tidak berubah ke RTS

Klik titik 3 di menu Order Tab Retur, klik Lapor Paket Sudah Diterima Seller

User dapat mengajukan Permintaan ke Status RTS agar tidak mengganggu tanggungan saldo saat permintaan pencairan nantinya, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui


Adapun dibawah ini aku juga menjelaskan secara lebih rinci untuk ke delapan claim yang ada di Komship. Tapi tenang aja, penjelasannya masih terbilang mudah untuk dipahami kok. Yuk gulir lebih ke bawah lagi.


  • Claim Ganti Rugi Paket Retur Karena Kesalahan Ekspedisi

  • Yang pertama, claim ini membantu kamu ketika mengalami kendala seperti sudah mengirim paket jualanmu ke customer tetapi di tengah jalan paket malah dikembalikan oleh kurir tanpa menghubungi customer. Padahal, customer masih berminat membeli dan membayar. Ini membuat kamu sebagai penjual dan customermu merasa dirugikan


    Nah untuk mengatasinya kamu bisa mengajukan claim dengan cara mudah yaitu mengakses claim retur melalui menu Kendala > Pilih tiket yang ingin diajukan > Klik claim retur pada bagian chat dan tambahkan bukti konkret saat melakukan claim retur yang menunjukkan pembeli masih berniat menerima paket


  • Claim Ganti Rugi - Lapor Paket Hilang / Stuck

  • Kedua, claim ini ada karena penjual membutuhkan informasi kenapa orderannya terjebak atau tidak bergerak. Dan ketika dilihat di riwayat perjalanan status pengirimannya tidak ada pembaruan selama lebih dari 15 - 60 hari.


    Kamu bisa mengajukan claim ini dengan cara mudah yaitu mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Dikirim” & “Retur” > Klik lacak resi untuk melihat riwayat perjalanan > Dan terakhir klik tombol “Ajukan Claim” pada halaman riwayat perjalanan tiket


    Batas Pengajuan paket stuck dari masing-masing ekspedisi :

    Ekspedisi

    Batas bisa mengajukan claim

    Idexpress & Ninja

    15 - 30 hari

    JNE, Sicepat, SAP & J&T

    15 - 60 hari


  • Claim Delivered Tapi Tidak Diterima

  • Yang ketiga, claim ini membantu kamu ketika status orderan sudah terkirim baik melalui COD atau non-COD. Namun informasi dari customer tidak ada paket yang diterima


    Cara mengajukan claim ini bisa dengan cara yang mudah yaitu mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Diterima” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Belum Diterima”


    Karena penjelasan claim ini terbilang banyak jadinya aku akan taruh link yang akan mengarah ke halaman baru untuk penjelasan lebih kompleks lagi tentang claim ini. https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-delivered-rusaktidak-diterima-105b274/


  • Claim Delivered Tapi Rusak

  • Keempat ada claim delivered tapi rusak yang dapat membantu kamu ketika status orderannya sudah di tahap “Retur Diterima” tetapi setelah dibuka paketnya malah mengalami kerusakan


    Cara mengajukan claim ini mudah caranya kok, kamu bisa mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Diterima” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Rusak”


    Karena penjelasan claim ini terbilang banyak juga jadinya aku akan taruh link yang akan mengarah ke halaman baru untuk penjelasan lebih kompleks lagi tentang claim ini. https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-delivered-rusaktidak-diterima-105b274/


  • Claim Status Retur Tapi Belum Diterima

  • Omong - omong, ada juga nih claim namanya claim RTS tapi tidak RTS. Ini tuh artinya jika kamu memiliki masalah yang ketika status orderannya sudah dinyatakan “Retur Diterima” tetapi kenyataannya orderan retur belum sampai di gudang


    Cara mengajukan claim ini bisa dengan cara mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Retur” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Belum Diterima”)


    Karena penjelasan claim ini terbilang banyak juga jadinya aku akan taruh link yang akan mengarah ke halaman baru untuk penjelasan lebih kompleks lagi tentang claim ini. https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-rts-rusaktidak-diterima-1uh4kfg/?bust=1711526331480


  • Claim RTS Tapi Rusak

  • Di urutan keenam ada claim RTS tapi rusak ialah ketika kamu memiliki masalah dimana status orderannya sudah dinyatakan “Retur Diterima” namun setelah dibuka, paketnya sudah mengalami kerusakan.


    Kamu bisa mengajukan masalah ini melalui claim dengan mudah. Caranya itu kamu bisa mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Retur” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Rusak”


    Karena penjelasan claim ini terbilang banyak juga jadinya aku akan taruh link yang akan mengarah ke halaman baru untuk penjelasan lebih kompleks lagi tentang claim ini. https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-rts-rusaktidak-diterima-1uh4kfg/?bust=1711526331480


  • Claim - Lapor Paket Delivered

  • Lalu jika kamu memiliki masalah seperti kasus paketnya sudah diterima oleh pelanggan namun status order nya tidak kunjung berubah ke status “Diterima” tetapi di satu sisi saldo kamu bertambah


    Tentunya kamu bisa mengajukan masalah ini melalui claim. Caranya kamu bisa mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Dikirim” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian Isi Laporan bagian “Lapor Paket Sudah Diterima”.


    Titik 3 akan muncul setelah tidak ada update perjalanan resi lebih dari 3 hari.


  • Claim - Lapor Paket RTS (Retur Diterima)

  • Claim terakhir nih, jika kamu memiliki masalah seperti barangnya sudah dikembalikan ke tempatmu tetapi status ordernya tidak kunjung ada perubahan menjadi “Retur Diterima” dan tidak ada pengurangan saldo di akun


    Nah itu caranya masih hampir sama seperti sebelum-sebelumnya kok yaitu mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Dikirim” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Lapor Paket Retur Sudah Diterima”


    Eh udah selesai aja nih penjelasannya. Gimana ? masih bingung gak cara mengajukan claim di komship ? enggak kan ? aku harap kamu dapat memahami panduan ini ya. Oh yaa kalau kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut atau memiliki pertanyaan yang tidak tertulis di panduan ini, jangan ragu untuk menghubungi tim customer service kami. Team Komship akan siap membantu kamu


    Salam hangat,


    Team Komship 🚚 🚀

    Diperbarui pada: 15/11/2024

    Apakah artikel ini berguna?

    Bagikan umpan balik Anda

    Membatalkan

    Terima kasih!