Artikel tentang: Kendala Pengiriman

Panduan Claim Ganti Rugi di Komship

Halo Pengguna Setia Komship, 👋🏻🚚



Selamat datang di panduan kami mengenai claim ganti rugi. Kami disini membantu kamu untuk memahami proses claim dengan mudah dan cepat. Jika kamu mengalami masalah seperti paket hilang, rusak, atau lainnya. Maka kamu bisa baca langkah langkah singkat berikut ini untuk mengajukan claim ganti rugi :

Nama Claim (Permintaan Ganti Rugi)MasalahCara Mengajukan ClaimKeuntungan Fitur Claim
Claim Retur SepihakRetur yang disebabkan pengantaran Paket tidak sesuai SOPKlik “Claim Retur” di Chat Section Ticket KendalaUser dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti ketidak sesuaian SOP pengantaran, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui
Claim Stuck / HilangPaket Tidak Bergerak lebih dari 14 hari dan Keberadaan Paket Tidak JelasKlik Ajukan Claim Stuck/Hilang di Lacak Resi (detail order / detail ticket)User dapat mengajukan permintaan ganti rugi dari resi stuck, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui
Claim Delivered Tapi Tidak DiterimaStatus Order Delivered tapi Barangnya sama sekali belum diterima Pembeli (COD dan Non-COD)Klik titik 3 di menu Order Tab Dikirim, klik Status Diterima namun Barang Belum DiterimaUser dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti ketidak sesuaian, status dengan barang yang belum sampai, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat Alasan jika pengajuan tidak disetujui
Claim Delivered Tapi RusakStatus Order Delivered tapi setelah di Unboxing barangnya RusakKlik titik 3 di menu Order Tab Dikirim, klik Status Diterima namun Barang RusakUser dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti barang yang diterima rusak, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui
Claim RTS Tapi Tidak RTSStatus Order RTS tapi Nyatanya barangnya belum sampai di Gudang SellerKlik titik 3 di menu Order Tab Retur, klik Status RTS Diterima namun Barang Belum DiterimaUser dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti ketidaksesuaian status dengan barang yang belum sampai, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat Alasan jika pengajuan tidak disetujui
Claim RTS Tapi RusakStatus Order RTS tapi pas Diterima Barangnya RusakKlik titik 3 di menu Order Tab Retur, klik Status RTS Diterima namun Barang RusakUser dapat mengajukan permintaan ganti rugi dengan bukti-bukti barang yang diterima rusak, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui
Lapor Paket DeliveredNyatanya paketnya sudah Diterima Customer, tapi status Ordernya tidak berubah ke DeliveredKlik titik 3 di menu Order Tab Dikirim, klik Lapor Paket Sudah DiterimaUser dapat mengajukan permintaan ke status delivered agar nilai keuntungan order dapat masuk ke saldo, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui
Lapor Paket RTSNyatanya paketnya sudah Diterima di Gudang Seller, tapi status Ordernya tidak berubah ke RTSKlik titik 3 di menu Order Tab Retur, klik Lapor Paket Sudah Diterima SellerUser dapat mengajukan Permintaan ke Status RTS agar tidak mengganggu tanggungan saldo saat permintaan pencairan nantinya, pengajuan yang disetujui akan langsung masuk ke saldo user, terdapat alasan jika pengajuan tidak disetujui


Adapun dibawah ini aku juga menjelaskan secara lebih rinci untuk ke delapan claim yang ada di Komship. Tapi tenang aja, penjelasannya masih terbilang mudah untuk dipahami kok. Yuk gulir lebih ke bawah lagi.

1. Claim Ganti Rugi Paket Retur Karena Kesalahan Ekspedisi

Yang pertama, claim ini membantu kamu ketika mengalami kendala seperti sudah mengirim paket jualanmu ke customer tetapi di tengah jalan paket malah dikembalikan oleh kurir tanpa menghubungi customer. Padahal, customer masih berminat membeli dan membayar. Ini membuat kamu sebagai penjual dan customermu merasa dirugikan

Nah untuk mengatasinya kamu bisa mengajukan claim dengan cara mudah yaitu mengakses claim retur melalui menu Kendala > Pilih tiket yang ingin diajukan > Klik claim retur pada bagian chat dan tambahkan bukti konkret saat melakukan claim retur yang menunjukkan pembeli masih berniat menerima paket

2. Claim Ganti Rugi - Lapor Paket Hilang / Stuck

Kedua, claim ini ada karena penjual membutuhkan informasi kenapa orderannya terjebak atau tidak bergerak. Dan ketika dilihat di riwayat perjalanan status pengirimannya tidak ada pembaruan selama lebih dari 15 hari

Kamu bisa mengajukan claim ini dengan cara mudah yaitu mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Dikirim” > Klik lacak resi untuk melihat riwayat perjalanan > Dan terakhir klik tombol “Ajukan Claim” pada halaman riwayat perjalanan tiket

3. Claim Delivered Tapi Tidak Diterima

Yang ketiga, claim ini membantu kamu ketika status orderan sudah terkirim baik melalui COD atau non-COD. Namun informasi dari customer tidak ada paket yang diterima

Cara mengajukan claim ini bisa dengan cara yang mudah yaitu mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Diterima” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Belum Diterima”

Karena penjelasan claim ini terbilang banyak jadinya aku akan taruh link yang akan mengarah ke halaman baru untuk penjelasan lebih kompleks lagi tentang claim ini. https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-delivered-rusaktidak-diterima-105b274/

4. Claim Delivered Tapi Rusak

Keempat ada claim delivered tapi rusak yang dapat membantu kamu ketika status orderannya sudah di tahap “Retur Diterima” tetapi setelah dibuka paketnya malah mengalami kerusakan

Cara mengajukan claim ini mudah caranya kok, kamu bisa mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Diterima” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Rusak”

Karena penjelasan claim ini terbilang banyak juga jadinya aku akan taruh link yang akan mengarah ke halaman baru untuk penjelasan lebih kompleks lagi tentang claim ini. https://bantuan.komerce.id/id/article/claim-rts-rusaktidak-diterima-1uh4kfg/?bust=1711526331480

5. Claim Status Retur Tapi Belum Diterima

Omong - omong, ada juga nih claim namanya claim RTS tapi tidak RTS. Ini tuh artinya jika kamu memiliki masalah yang ketika status orderannya sudah dinyatakan “Retur Diterima” tetapi kenyataannya orderan retur belum sampai di gudang

Cara mengajukan claim ini bisa dengan cara mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Retur” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Belum Diterima”)

6. Claim RTS Tapi Rusak

Di urutan keenam ada claim RTS tapi rusak ialah ketika kamu memiliki masalah dimana status orderannya sudah dinyatakan “Retur Diterima” namun setelah dibuka, paketnya sudah mengalami kerusakan.

Kamu bisa mengajukan masalah ini melalui claim dengan mudah. Caranya itu kamu bisa mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Retur” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Rusak”

7. Claim - Lapor Paket Delivered

Lalu jika kamu memiliki masalah seperti kasus paketnya sudah diterima oleh pelanggan namun status order nya tidak kunjung berubah ke status “Diterima” tetapi di satu sisi saldo kamu bertambah

Tentunya kamu bisa mengajukan masalah ini melalui claim. Caranya kamu bisa mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Retur” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Diterima namun Barang Rusak”

8. Claim - Lapor Paket RTS (Retur Diterima)

Claim terakhir nih, jika kamu memiliki masalah seperti barangnya sudah dikembalikan ke tempatmu tetapi status ordernya tidak kunjung ada perubahan menjadi “Retur Diterima” dan tidak ada pengurangan saldo di akun

Nah itu caranya masih hampir sama seperti sebelum-sebelumnya kok yaitu mengakses fitur Data Order > Pilih salah satu data order yang berada di status “Dikirim” lalu klik pada titik 3 pada halaman Data Order > Kemudian klik bagian “Status Lapor Paket Sudah Diterima”

Eh udah selesai aja nih penjelasannya. Gimana ? masih bingung gak cara mengajukan claim di komship ? enggak kan ? aku harap kamu dapat memahami panduan ini ya. Oh yaa kalau kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut atau memiliki pertanyaan yang tidak tertulis di panduan ini, jangan ragu untuk menghubungi tim customer service kami. Team Komship akan siap membantu kamu

Salam hangat,


Team Komship 🚚 🚀

Diperbarui pada: 22/05/2024

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!