Asuransi Pengiriman Ekspedisi di Komship
Penggunaan Tentang Asuransi
Bagaimana Saya mengaktifkan jasa Asuransi ?
Pergi ke Tambah Order Manual
![](https://storage.crisp.chat/users/helpdesk/website/b8aa43db014cf000/edit-01-1_1blilcc.png)
Isi field orderan dengan lengkap
![](https://storage.crisp.chat/users/helpdesk/website/b8aa43db014cf000/untitled-1-02-1_1xqe74f.png)
Rekomendasi Asuransi akan muncul ketika total harga produk saat tambah produk mencapai Rp 300.000 keatas
![](https://storage.crisp.chat/users/helpdesk/website/b8aa43db014cf000/untitled-1-03-1_n15p0m.png)
Checklist pilihan Asuransinya
![](https://storage.crisp.chat/users/helpdesk/website/b8aa43db014cf000/untitled-1-04-2_1a7rxob.png)
Biaya asuransi akan muncul di Sesi Bawah Perhitungan Order sebelum Orderan Disubmit
![](https://storage.crisp.chat/users/helpdesk/website/b8aa43db014cf000/untitled-1-05_f12aa.png)
Pembayaran Asuransi
Case Study :
Misalnya seorang partner menambahkan orderan dengan total harga barang = Rp 1.000.000 dan ongkos kirim = Rp 25.000, maka nilai transaksi = Rp 1.025.000 menggunakan ekspedisi JNE. Berdasarkan tabel di bawah ini, besaran nilai untuk ekspedisi JNE yaitu (0.2% x Nilai Barang) + Rp 5.000. Perhitungan : (0.2% x Rp1.025.000) + Rp5.000 = Rp 2.050 + Rp 5.000 = Rp 7.050. Jadi, tarif asuransi yang harus dibayar oleh partner = Rp 7.050
Ekspedisi | Biaya Asuransi | Informasi Tambahan Asuransi |
---|---|---|
JNE | (0,2% x Nilai Barang) + Rp 5.000 | - |
Sicepat | 0,3% x Nilai Barang | - |
Idexpress | 0,2% x Nilai Barang | - |
SAP | (0,3% x Nilai Barang) + Adm Rp 2.000/AWB | - |
Ninja | 0.25% x Nilai Barang | Jika Nilai Barang <=1.000.000 maka = Rp2.500. Jika Nilai Barang >1.000.000 maka = 0.25% x Nilai Barang |
J&T | 0,2% x Nilai Barang | - |
Cara Klaim Asuransi
Otomatis
Jika barang kamu berubah statusnya menjadi Hilang / Rusak dan menggunakan asuransi maka otomatis akan ada ganti rugi sebesar Nilai Keuntungan yang kamu dapatkan di transaksi Komship
Manual
Jika barang telah dikonfirmasi Hilang / Rusak dari Ekspedisi sedangkan statusnya masih dikirim & retur sedang dalam perjalanan pulang, maka kamu dapat menghubungi CS untuk mempercepat proses identifikasi dan pencairan ganti rugi paket.
Diperbarui pada: 15/05/2024
Terima kasih!