Artikel tentang: Pengiriman dan Ekspedisi

Komship Kirim ke Luar Negeri


Apa itu Komship Kirim ke Luar Negeri ?


Komship kini menawarkan layanan pengiriman internasional dengan Ninja Express sebagai solusi untuk mengirim produk ke luar negeri, seperti ke Singapura dan Malaysia. Layanan ini memudahkan kamu dengan proses pengiriman yang lengkap, mulai dari penjemputan, pengurusan, pengiriman, hingga diantar sampai alamat tujuan.
Pengiriman internasional ini memberi peluang besar untuk memperluas bisnis kamu dan menjangkau lebih banyak pelanggan internasional.


Kebijakan dan Persyaratan Kirim Keluar Negeri

**

Informasi Penting

**
****Untuk memaksimalkan pengalaman pengiriman, berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui :


  • Biaya pengiriman dihitung berdasarkan berat kotor per paket (berat aktual) dan dibulatkan angka diatas terdekat. Contohnya, paket seberat 1,001 kg akan dikenakan tarif 1,5 kg
  • Tarif sudah mencakup layanan penjemputan untuk 5 paket atau lebih, izin ekspor-impor, pengiriman udara, dan layanan pengiriman jarak jauh
  • Ekspedisi Ninja Van akan menentukan berat dan dimensi paket menggunakan Sistem Pemindaian Dimensi dan Berat
  • Paket yang melebihi ukuran yang ditentukan tidak akan diproses untuk pengiriman jarak jauh dan akan dikembalikan kepada Pengirim
  • Jika pengiriman tidak dapat dilakukan, Ninja akan menghubungi Pengirim untuk instruksi lebih lanjut atau mencoba mengembalikan paket ke Pengirim, yang dianggap sebagai pengiriman selesai. Jika tidak ada instruksi dari Pengirim dalam waktu 20 hari, Ninja berhak menyimpan paket di gudang hingga 20 hari atau memperlakukannya sebagai paket terlantar dan membuangnya, termasuk menghancurkan atau menjual kembali isi paket.
  • Jika kamu sebagai pengguna mengubah alamat pengiriman ke alamat alternatif (dengan ketentuan selama paket belum dikirim oleh Ninja Express) maka Ninja dapat menempelkan ulang label dengan alamat yang sudah diperbarui tanpa adanya biaya tambahan (manual / di luar sistem Komship)
  • Waktu pengiriman ulang dihitung berdasarkan hari kerja operasional Ninja, tidak termasuk hari libur dan peraturan ini sudah ditetapkan bersama SLA yang ada
  • Proses export paket yang tergolong sensitif , akan diadakan 2x dalam seminggu. Jadwal penerbangan bisa bersifat tentative setiap minggu.
    **

Terkait Produk / Isi Paket


Pengiriman internasional memiliki regulasi terkait isi paket. Beberapa dokumen penting :


  • **MSDS (Material Safety Data Sheet) **: Diperlukan untuk produk dengan bahan kimia atau berisiko tinggi, seperti cairan atau bahan berbahaya. Kamu bisa klik link ini untuk melihat produk apa saja yang memerlukan dokumen ini
  • Sertifikat Karantina **** : Dibutuhkan untuk produk tertentu seperti makanan, tumbuhan, atau hewan, sesuai aturan negara tujuan. Untuk mempelajari lebih lanjut terkait dokumen ini bisa klik link berikut ini : https://karantinaindonesia.go.id/
  • Asuransi wajib : Seluruh pengiriman internasional diwajibkan menggunakan asuransi sebagai perlindungan tambahan


Informasi Update Malaysia (6 Maret 2025)

No

Dapat Dikirim

Tidak Bisa Dikirim

1

General item seperti tas dan pakaian

2

Health Supplements

3

Skin care

4

Automobile/motorcycle Spare parts

5

Religious items/books

6

Snacks

7

Drinks

8

Dry/wet food

9

Pet medicine/food/supplement

10

Tyre

*catatan: 1 resi / 1 item qty + tuliskan item deskripsi & harga barang yang sesuai dengan isi paket.


Update pengiriman ke MY & SG 8 April 2025


Malaysia
Shipper bisa mengirimkan barang sensitives (makanan, minuman, health supplement, skincare, snacks, etc) lebih dari 1pcs per paket (maximal 20pcs per consignee per shipment), dengan catatan:

  • Ada nama merk / brand (bukan homemade / racikan sendiri)
  • Skincare, supplement, cosmetics -> sertakan MSDS
  • Semua jenis liquid -> wajib menyediakan msds terlebih dahulu untuk dilakukan pengecakan sebelum proses export
  • Madu (harus ada merk / brand), dikemas rapi dan aman (anti bocor/rembes/pecah)
  • Untuk makanan: tidak boleh makanan mentah / belum diolah
  • Regulasi b2c restrictions lainnya (bisa dicheck di website internal)


Singapura
Shipper bisa mengirimkan barang sensitives (makanan, minuman, health supplement, skincare, snacks, etc) lebih dari 1pcs per paket (maximal 5kg per consignee per shipment), dengan catatan:

  • Ada nama merk / brand (bukan homemade / racikan sendiri)
  • Skincare, supplement, cosmetics -> sertakan MSDS + maximal 5kg per consignee per shipment
  • Semua jenis liquid -> wajib menyediakan msds terlebih dahulu untuk dilakukan pengecakan sebelum proses export
  • Madu (harus ada merk / brand), dikemas rapi dan aman (anti bocor/rembes/pecah) -> maximal 5kg dan value dibawah 100 SGD per paket
  • Barang kw & baju bekas -> tidak bisa dikirim



Jika kurang yakin apakah produk bisa dikirimkan atau tidak, bisa contact cs / live chat dengan mengirimkan spesifikasi & foto produk



Informasi Layanan


MY



SG



Cara Menggunakan Fitur Kirim ke Luar Negeri


Langkah - Langkah Mudah Kirim Barang ke Luar Negeri


  1. Login ke partner.komerce.id : Pertama kamu bisa masuk ke partner.komerce.id. Pastikan kamu sudah memiliki akun ya
  2. Aktifkan Ekspedisi Ninja : Aktifkan layanan pengiriman Ninja melalui menu pengaturan
  3. Aktifkan Fitur Kirim ke Luar Negeri : Masuk ke menu Fitur Pendukung, lalu aktifkan fitur ini
  4. Tambahkan Order Kirim ke Luar Negeri : Akses menu Tambah Order dan mulai proses pengiriman
  5. Isi Data dengan Lengkap : Lengkapi informasi penerima, isi paket, dan nilai barang dengan benar
  6. Perhatikan Kurs Mata Uang :


  • Kurs IDR-MYR atau IDR-SGD dapat berubah sewaktu -waktu
  • Nilai IDR final dihitung saat order selesai


  1. Metode Pembayaran COD : Pembayaran COD dilakukan mata uang negara tujuan
  2. Perhatikan Bea Cukai : Pastikan kamu memahami regulasi bea cukai negara tujuan untuk menghindari biaya tambahan
  3. Submit Order : Setelah semua data lengkap, kamu bisa klik tombol Submit Order
  4. Ajukan Pick up : Ajukan penjemputan barang dan pastikan paket kamu sudah siap untuk diambil oleh kurir
  5. Pantau Pengiriman : Gunakan fitur tracking untuk memonitor pergerakan paket hingga diterima


Paket yang Terkena Bea Cukai


Bea cukai diberlakukan untuk paket yang melebihi batas tertentu atau sesuai kategori produk. Pastikan kamu memahami kebijakan ini untuk menghindari kendala pengiriman. Kebijakan ini bisa kamu pelajari lebih lanjut


Minimal dan Maksimal Transaksi


Kebijakan ini memiliki batas minimal dan maksimal pengiriman, baik dari segi nominal, berat, maupun volume. Pelajari batasan ini agar proses pengiriman berjalan lancar. Pelajari lebih lanjut


Sudah Siap Mengirim Barang ke Luar Negeri ?


Dengan fitur Komship Kirim ke Luar Negeri, menjangkau pasar global kini lebih mudah. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, hubungi tim support kami melalui kanal resmi. Jangan lupa, cek regulasi negara tujuan untuk memastikan pengiriman berjalan lancar.


Yuk, mulai pengiriman internasional Anda sekarang! 🌏

Diperbarui pada: 01/07/2025

Apakah artikel ini berguna?

Bagikan umpan balik Anda

Membatalkan

Terima kasih!